Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025)

Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan yang Inklusif

Taufiq, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Strategi pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik berdasarkan perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendekatan yang inklusif di sekolah menengah. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di beberapa sekolah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran diferensiasi mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik, memberikan peluang belajar yang lebih setara, dan memperkuat pemahaman nilai-nilai agama. Namun, penerapan strategi ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan kompetensi guru dan sumber daya yang terbatas. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengoptimalkan pembelajaran diferensiasi guna mendukung keberagaman di kelas PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...