Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025)

Model Pembelajaran Kontekstual untuk Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi

Isnaniah, Isnaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Era globalisasi menuntut perubahan dalam sistem pendidikan, termasuk pendidikan agama Islam, yang harus relevan dengan dinamika masyarakat yang terus berkembang. Model pembelajaran kontekstual menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) yang relevan dengan tantangan globalisasi. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan studi literatur dan wawancara dengan guru PAI serta observasi di sekolah-sekolah yang menerapkan model kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama, membangun keterampilan hidup, serta mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dalam masyarakat global dengan mengintegrasikan konsep-konsep agama dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, model pembelajaran kontekstual dapat menjadi solusi untuk menghadapi tantangan pendidikan agama Islam di era globalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...