Indonesian Journal of Education and Learning
Vol. 7 No. 1 (2023): Oktober 2023

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REPORT TEXT

winarti, winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Tujuan Pendidikan nasional akan tercapai jika didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan terampil. Rendahnya kuantitas siswa untuk membaca dan memahami suatu teks bahasa Inggris menyebabkan tujuan Pendidikan tidak tercapai.  Upaya untuk meningkatkan Pendidikan di Indonesia terutama pada materi Bahasa inggris adalah dengan menerapkan metode PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, dan Review). Metode PQ4R merupakan model pembelajaran yang dapat menimbulkan pertanyaan dan tanya jawab siswa, sehingga ada dorongan siswa untuk membaca dan menelaah bahan bacaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Materi Report Text. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 34 orang pada materi repost text semester ganjil 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 35,29% dan siklus II 85,29%. Kesimpulan hasil penelitian bahwa penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belsjar siswa pada materi report text.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

profesi kependidikan, kurikulum, filsafat pendidikan, teknologi pendidikan, strategi pembelajaran, manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, isu umum dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, landasan pendidikan, dan pengembangan profesi ...