Indonesian Journal of Education and Learning
Vol. 8 No. 1 (2024): Oktober 2024

Model Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Video Dokumenter Candi Selogriyo

Rahmawati, Naffisa (Unknown)
Wulandari, Ayu (Unknown)
Shalima, Irsyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis masih sulit untuk dikuasai oleh peserta didik khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi. Adanya fakta tersebut memunculkan gagasan solusi dengan mengembangkan model pembelajaran yang disesuaikan dengan pendekatan inkuiri. Penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan cara berpikir kritis peserta didik dalam memperoleh data maupun menuangkan gagasan dalam teks laporan hasil observasi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan analisis pengembangan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. (2) menghasilkan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. (3) mengetahui kelayakan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu (1) analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan menunjukkan bahwa pembelajaran masih belum sesuai yang diharapkan dan terasa membosankan, sehingga peserta didik masih kesulitan. (2) produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini ialah media video dokumenter Candi Selogriyo dan model pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri. (3) kelayakan produk telah dinilai oleh para ahli. Model pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat  Valid”, kelayakan “Sangat Layak” dengan persentase 90%. Sedangkan media pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Valid”, kelayakan “Sangat Layak” dengan persentase 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

profesi kependidikan, kurikulum, filsafat pendidikan, teknologi pendidikan, strategi pembelajaran, manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, isu umum dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, landasan pendidikan, dan pengembangan profesi ...