Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan dan dampaknya terhadap perilaku individu, dengan fokus pada perspektif psikologi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif dan teknik analisis interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal, seperti kurangnya pemahaman agama, pengaruh emosi, dan stres, serta faktor eksternal, seperti lingkungan keluarga, pendidikan agama, dan pengaruh media, berperan penting dalam gangguan perkembangan jiwa keagamaan. Dampaknya termasuk ketidakmampuan menjalankan ibadah dengan khusyuk, perilaku bertentangan dengan nilai-nilai agama, ketidakstabilan emosi, serta perilaku destruktif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk memperbaiki pengajaran agama dan intervensi psikologis yang dapat mendukung perkembangan jiwa keagamaan yang sehat.
Copyrights © 2025