Tujuan penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Universitas Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan korelasi ganda. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Uji validitas dan kelayakan dilakukan pada instrumen kuesioner pada variabel independen dan variabel terikat sebelum didistribusikan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Versi 26. Uji chi-Square dilakukan pada variabel kualitas layanan dan variabel kepuasan dengan tingkat kepercayaan 95% (a = 0,05). Dikatakan bahwa ada hubungan yang terkait secara statistik jika diperoleh nilai p < 0,05. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan mulai dari dimensi keandalan, tangible, responsiveness, empati dan assurance berkorelasi dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima dimensi kualitas layanan seperti nyata, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh antara lima variabel kualitas layanan terhadap kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil uji Chi-Square diperoleh bahwa p-valuenya adalah 0,000 < 0,005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas Kesehatan.
Copyrights © 2025