Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media
Vol 8, No 1 (2025): NETWORK MEDIA

VISUAL MARKETING ANALYSIS OF FOOD AND BEVERAGE PRODUCT PHOTOS ON INSTAGRAM ACCOUNT @RANAHKACAVISUAL

Peropa, Ahmad (Unknown)
Maulana, Harry Fajar (Unknown)
Putra, Muhammad Rizal Ardiansah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis visual marketing dari beberapa foto produk yang dihasilkan oleh akun Instagram @ranahkacavisual menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Teori Peirce yang membagi tanda (sign) menjadi objek (object), penanda (sign), dan interpretant (interpretant) digunakan sebagai kerangka utama untuk memahami bagaimana elemen-elemen visual dalam foto produk menyampaikan makna kepada audiens. Hasil temuan melalui dokumentasi dan observasi @ranahkacavisual secara efektif menggunakan elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan konteks untuk menekankan produk utama dan membangun citra merek yang kuat. Elemen-elemen tambahan seperti alat makan, latar belakang, dan dekorasi juga berperan penting dalam menyampaikan cerita dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam beberapa foto produk khususnya pada penggunaan elemen pelengkap yang tidak relevan dengan produk. penggunaan teori semiotika Peirce dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana visual marketing dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, membangun identitas merek, dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi visual marketing dalam merancang strategi visual yang efektif dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

junetmedia

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi artikel ilmiah tentang Ilmu Komunikasi. Jurnal Network Media diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa Medan dengan ISSN : 2569-6446 dan E-ISSN : 2722-9319. Semoga Jurnal ini memberikan informasi bagi masyarakat ...