Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media
Vol 8, No 1 (2025): NETWORK MEDIA

POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII B SMP NEGERI 24 BUTON TENGAH

Talgu, Walfajri Abidin (Unknown)
Hastuti, Hastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII B SMP Negeri 24 Buton Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi guru yang efektif melibatkan penggunaan strategi komunikasi verbal dan non-verbal, pemberian umpan balik yang konstruktif, serta penerapan teknik motivasi yang variatif seperti pengakuan prestasi dan penciptaan lingkungan belajar yang mendukung. Pola komunikasi ini berkontribusi signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa, yang tercermin dari peningkatan partisipasi aktif dan antusiasme dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pola komunikasi yang tepat oleh guru dapat meningkatkan motivasi siswa secara efektif, sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka secara positif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pelatihan komunikasi bagi guru guna lebih meningkatkan kualitas interaksi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

junetmedia

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi artikel ilmiah tentang Ilmu Komunikasi. Jurnal Network Media diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa Medan dengan ISSN : 2569-6446 dan E-ISSN : 2722-9319. Semoga Jurnal ini memberikan informasi bagi masyarakat ...