Di ruas jalan Saketa-Dehepodo terdapat lintasan sungai yang menyebabkan jalan terputus antara Desa Samat dan Desa Samo karena adanya sungai yang membelah/memisahkan kedua desa tersebut. Oleh karena itu di perlukan pembangunan jembatan karena merupakan salah satu jalan penunjang agar dapat memperlancar aktivitas masyarakat stempat khususnya transportasi yang menghubungkan dua desa berbatasan di pulau Halmahera, yaitu Desa Samat dan Desa Samo pada kedua kawassan tersebut. Tujuan penelitian mendimensi control kekuatan stabilitas pada abutment jembatan Ake Samo dan menganalisis besar dimensi, banyaknya tiang, dan mengetahui desain penulangan pada pilecap pondasi. Metode perhitungan menggunsksn metode kuantitaif dan berdasarkan SNI 1725-2016 dan SNI 2833-2016. Abutment direncanakan memiliki tinggi 7,000 m dengan pile cap berukuran 4,000 m x 8,500 m dan ketebalan pie cap 0,800 m. Pada pembesian pile cap digunakan tulangan lentur arah x dengan D25-200 (As= 20851.56 mm2), tulangan lentur arah y dengan D25-200 (As=9812.5 mm2), dan tanpa menggunakan tulangan geser satu arah. Berdasarkan perhitungan pondasi, kedalaman tiang direncanakan dengan kedalaman 20,000 meter dengan jumlah tiang 21 tiang dengan diameter 0,40 meter dan dimana, daya dukungnya di peroleh sebesar 34,491 ton/tiang tunggal. Dari data hasil uji sondir pada kedalaman 16 m hingga 22 m memiliki nilai qc 250 kg/cm yang dimana jenis tanah ialah tanah keras. Dalam kondisi tanah seperti ini kondisi tanah termasuk kuat dan untuk penurunan dianggap tidak terjadi atau nilai penurunan sangat kecil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025