JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 9, No 1 (2025): Februari 2025

Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi LAYDA-K Di Kota Baubau

Mayunita, Sry (Unknown)
Jahami, Jasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menilai kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan dengan menggunakan aplikasi LAYDA-K di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian berjumlah 100 orang, diperoleh dengan metodologi purposive sampling. Pengolahan data dengan SPSS 25 meliputi pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, penilaian heteroskedastisitas, evaluasi multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, serta uji F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Baubau cukup baik. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang baik dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Aplikasi LAYDA-K yang digagas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Baubau ini menunjukkan kualitas pelayanan yang patut diapresiasi. Penerapan LAYDA-K memberikan dampak positif terhadap kepuasan masyarakat dalam pengelolaan administrasi kependudukan. Apalagi kualitas pelayanan dengan adanya aplikasi LAYDA-K memberikan kepuasan yang signifikan bagi masyarakat Kota Baubau.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...