AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol. 11 No. 3 (2024)

PENGEMBANGAN E-MODUL BERCIRIKAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEKSPLORASI PENALARAN SPASIAL MAHASISWA

Mayang Dintarini (Universitas Muhammadiyah Malang)
Minatun Nadlifah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Perkuliahan geometri masih menyisakan permasalahan yang perlu segera diatasi. Banyak faktor yang mempengaruhi performansi mahasiswa dalam mempelajari geometri, salah satunya adalah kemampuan mahasiswa dalam melakukan penalaran spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul bercirikan Guided Discovery Learning (GDL) untuk mengeksplorasi kemampuan spasial mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Partisipan merupakan mahasiswa 20 mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang yang tengah menempuh matakuliah Geometri Analitik Ruang. Tahapan penelitian dilakukan dengan 1) pengembangan e-modul materi Persamaan Bola, 2) implementasi e-modul di kelas, dan 3) analisis penalaran spasial mahasiswa dalam menyelesaikan aktivitas pada e-modul. Pekerjaan mahasiswa pada e-modul kemudian diskor, kemudian 1 mahasiswa yang memiliki nilai tertinggi dipilih untuk dideskripsikan kemampuan penalaran spasialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul bercirikan GDL dapat digunakan untuk mengeksplorasi penalaran spasial mahasiswa. Hasil analisis penalaran spasial mahasiswa mengungkap dalam menyelesaikan tugas-tugas pada e-modul telah tampak aspek kerangka acuan, konservasi jarak, dan representasi mental mahasiswa, namun belum tampak penguasaan aspek hubungan spasial, proyektif dan rotasi mental.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...