JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 8 No 1 (2024): JTIEE

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Kurniasih, Reni (Unknown)
Syah, Muhammad Fahmi Johan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media powerpoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Pucangan 3. Penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilakukan proses yang sama namun dalam siklus II lebih kepada penyempurnaan pelaksanaan dari siklus I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain 1) angket dipakai untuk dapat mengukur seberapa besar motivasi belajar matematika peserta didik, 2) observasi kegiatan pembelajaran matematika di kelas II SD Negeri Pucangan 3, dan 3) dokumentasi berupa modul ajar, nama-nama peserta didik dan foto saat pelaksanaan penelitian. Kemudian data motivasi belajar matematika peserta didik yang diperoleh dianalisis kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh motivasi belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan dapat dilihat dari rata-rata skor pra siklus sebesar 43,86 dengan rentang 0-75 dalam siklus I terjadi perbaikan hasil skor rata-rata menjadi 57,73 dengan rentang 0-75, sedangkan dalam siklus II dilakukan penyempurnaan dari siklus I sehingga terjadi peningkatan hasil skor rata-rata siklus II menjadi 64,69. Jadi penerapan media powerpoint interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik kelas II Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...