Informasi interaktif : jurnal informatika dan teknologi informasi
Vol 10 No 1 (2025): JII Volume 10, Number 1, Januari 2025

Pengembangan Chatbot Layanan Publik Berbasis Natural Language Processing Di Mal Pelayanan Publik Garut

Fadlan Abdul Rojak (Unknown)
Purnamasari, Ade Irma (Unknown)
Bahtiar, Agus (Unknown)
Wahyudin, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun chatbot berbasis Natural Language Processing (NLP) yang memberikan respons otomatis dan relevan terhadap kebutuhan informasi pengguna di Mal Pelayanan Publik(MPP) Garut. Metode penelitian menggunakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC), meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan menggunakan RASA Framework, pengujian,implementasi, dan pemeliharaan. Data chatbot berasal dari layanan yang tersedia di website resmi MPP Garut,dengan skenario pertanyaan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa chatbot berhasil diimplementasikan dengan baik, mampu merespons secara otomatis tanpa intervensi manusia, dan memberikan jawaban yang relevanberdasarkan API website MPP. NLP memungkinkan chatbot memahami maksud pengguna meskipun terdapat variasi struktur pertanyaan, sementara integrasi API memastikan data selalu akurat. Chatbot ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan aksesibilitas layanan informasi di MPP Garut. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dengan melibatkan pengguna eksternal untuk pengujian dan memperluas fitur chatbot untuk mendukung layanan tambahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informasi Interaktif membahas topik-topik yang secara umum berkaitan dengan isu-isu Hukum di Indonesia dan di seluruh dunia. Artikel yang dikirimkan mungkin mencakup isu-isu topikal di Kecerdasan Buatan Jaringan Saraf Tiruan Algoritma Genetik Grafika Komputer Sistem Pakar Wireless and Mobile ...