Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas IV di SD Inpres Saluttowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Inpres Saluttowa dengan jumlah 23 orang. Adapun hasil yang diperoleh mengenai minat belajar PKn peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase peserta didik dengan minat belajar “Tinggi” adalah 35% terdapat 8 peserta didik yang masuk dalam kategori tersebut, dan meningkat menjadi 43,5% dengan 10 orang peserta didik yang masuk dalam kategori minat “Tinggi” pada siklus II. Adapun pada hasil belajar peserta didik di siklus I yaitu terdapat 8 orang peserta didik berada pada kategori tuntas/ memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 34,78%, kemudian meningkat di siklus II dengan persentase 82,6% dengan 19 orang peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ berada pada kategori tuntas.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan hasil belajar PKn kelas IV di SD Inpres Saluttowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD mengalami peningkatan.
Copyrights © 2025