DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 1 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di Kelas IV SD Inpres Saluttowa

Ummul Mustazifa. P (Unknown)
Abdul Aziz (Unknown)
Try Gustaf Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh  penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas IV di SD Inpres Saluttowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Inpres Saluttowa dengan jumlah 23 orang. Adapun hasil yang diperoleh mengenai minat belajar PKn peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase peserta didik dengan minat belajar “Tinggi” adalah 35% terdapat 8 peserta didik yang masuk dalam kategori tersebut, dan meningkat menjadi 43,5% dengan 10 orang peserta didik yang masuk dalam kategori minat “Tinggi” pada siklus II. Adapun pada hasil belajar peserta didik di siklus I yaitu terdapat 8 orang peserta didik berada pada kategori tuntas/ memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 34,78%, kemudian meningkat di siklus II dengan persentase 82,6% dengan 19 orang peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ berada pada kategori tuntas.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan hasil belajar PKn kelas IV di SD Inpres Saluttowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD mengalami peningkatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...