Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana transformasi proses belajar menggunakan AI dan implikasinya pada keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di STKIP Taman Siswa Bima dengan jumlah informan sebanyak 4 orang mahasiswa dari prodi Pendidikan Teknologi Informasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang memiliki pengalaman menggunakan AI dalam kegiatan akademik. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara semi-terstruktur. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara semi-terstruktur yang terdiri dari pertanyaan pendahuluan dan pertanyaan dengan pendekatan dimensi keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data dilakukan melalui transkripsi hasil wawancara, pengkodean data untuk mengidentifikasi tema utama, analisis tema untuk menemukan pola dan hubungan yang relevan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemanfaatan AI dalam proses belajar dapat melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa apabila digunakan proposional. Keterampilan berpikir kritis dibutuhkan dalam membuat prompt yang spesifik agar memperoleh jawaban yang diinginkan sehingga melengkapi dan memperkuat argumen dasar.
Copyrights © 2025