Penelitian ini bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pembelajaran aktif, sebagai pendekatan Guru terhadap siswa yang menekankan partisipasi siswa, guru mengharapkan siswa dapat mengoptimalkan penggunaan potensi dengan baik. Dari mulai fisik, mental, emosional, maupun intelektual. Melalui strategi seperti role reversal question dan cooperative learning, siswa didorong untuk berinteraksi dan berpikir kritis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Data yang diperoleh yaitu data sekunder dalam artikel ilmiah yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data kemudian di analisis dan di simpulkan dengan memanfaatkan teori-teori yang sesuai. hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini tidak hanya meningkatkan motivasi belajar. tetapi juga hasil akademik siswa. Hasil dari beberapa siklus pembelajaran menunjukkan peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dalam nilai rata-rata dan aktivitas siswa. Dengan demikian, metode pembelajaran aktif terbukti efektif dalam mencapai tujuan pendidikan PPKN yang lebih baik.
Copyrights © 2025