Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATERI LAJU REAKSI

Aqsha Pandia Swangganegara (Unknown)
Nanda Saridewi (Unknown)
Aini Nadhokhotani Herpi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Ispring Suite pada materi laju reaksi. Metode Research and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini dengan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (penilaian), namun pada penelitian ini dibatasi tanpa tahap penilaian. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi storyboard e-modul, instrumen validasi ahli materi dan ahli media, instrumen validasi angket respon siswa dan guru, serta instrumen angket respon siswa dan guru. Dalam validasi prototype media pembelajaran e-modul ini, terdapat tiga orang ahli materi dan tiga ahli media dengan hasil persentase kelayakan materi sebesar 98,81% dengan kriteria ‘Sangat Layak’ dan persentase kelayakan media sebesar 96,33% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Uji coba terbatas terhadap 87 orang siswa dan dua orang guru kimia menghasilkan persentase hasil respon siswa secara keseluruhan sebesar 85,8% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Sementara itu, hasil respon guru secara keseluruhan sebesar 89,99% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Dengan demikian dapat disebutkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis Ispring Suite pada materi laju reaksi yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif dari siswa dan guru sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...