Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat
Vol 6, No 1 (2025): Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat

GERAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN MASSIVE ACTION DI INDONESIA

Wahyuni, Titi (Unknown)
Karim, Faradilah Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah melakukan suatu kontribusi kebermanfaatan pendidikan lingkungan secara masif, serentak, dan skala nasional. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Massive Action yang dilaksanakan secara serentak pada hari yang sama di 27 provinsi di Indonesia. Adapun data secara khusus berisi pembahasan real lapangan pada lokasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Cipaku, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan menggunakan metode Pengajaran kepada siswa-siswi dengan mengambil alih kelas di Sekolah Dasar. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 21-23 Februari 2019. Kegiatan ini dilakukan dengan mengusung topik meliputi: 1) Gaya hidup hemat dan sehat; 2) Gerakan anti sampah plastik (Tobat Plastik); dan 3) Pengenalan ragam profesi (Jika Aku Menjadi Presiden Challenge). Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan telah mengajarkan gaya hidup yang hemat dan sehat, menumbuhkan rasa kebersamaan, cinta lingkungan, serta mengajak para siswa-siswi untuk bercita-cita setinggi langit bahkan hingga menjadi seorang presiden. Kegiatan ini telah diselenggarakan secara kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka Pendidikan karakter unggul sejak dini pada siswa siswi di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sawala

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini berkaitan dengan: Isu-isu mengenai Pembangunan Masyarakat Ekonomi Kreatif Pembangunan Partisipatif Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal Isu-isu mengenai Perubahan dan Perkembangan Kebudayaan Pemetaan dan Evaluasi Kebijakan Kebudayaan Kajian Pembangunan Budaya di ...