Dalam penelitian ini membahas pengelolaan lembaga pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam merupakan upaya yang sangat penting untuk mencapai tujuan bersama. Lembaga pendidikan Islam yang merupakan salah satu faktor penting dalam memenuhi hak asasi manusia, hal ini sudah semestinya mendapat perhatian serius dalam hal manajemen kelembagaan. Lembaga pendidikan Islam yang baik merupakan branding image bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara dalam hal ini kemajuan pendidikan yang dicapai, tidak terkecuali dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research). Data informasi dikumpulkan melalui fasilitas yang ada di perpus seperti buku, majalah, dokumen, catatan kisah-kisah sejarah atau penelitian kepustakaan murni yang terkait dengan obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dalam pendidikan Islam manajemen merupakan aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terstruktur dalam usaha mencapai tujuan pendidikan Islam yang telah ditentukan sebelumnya melalui perencanaan yang matang, Pada umumnya lembaga pendidikan Islam (madrasah) di Indonesia dilahirkan dan dikembangkan oleh komunitas pesantren. Di berbagai tempat, pengasuh pesantren, selain tetap melangsungkan sistem pendidikan tradisionalnya juga mengembangkan sistem pendidikan madrasah sebagai sistem pendidikan modern. Kesimpulannya Manajemen Pendidikan Islam tidak bisa berdiri sendiri dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam terutama menyangkut dengan tujuan pelaksanaan pendidikan Islam itu sendiri sehingga penerapan manajemen pendidikan Islam di lembaga pendidikan Islam merupakan satu kesatuan yang utuh dalam mencapai tujuan maksimal (out put).
Copyrights © 2025