Prokrastinasi akademik merupakan fenomena di mana seseorang menunda-nunda pekerjaan atau tugas-tugas akademik yang seharusnya segera diselesaikan. Hal ini masalah yang umum di kalangan siswa dan jika tidak segera ditangani dapat berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dan cara mencegah terjadinya prokrastinasi akademik siswa. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif. Validasi pada pedoman wawancara mencakup validasi isi yang melibatkan penilaian oleh ahli profesional. Proses analisis data kualitatif melalui penerapan metode perbandingan tetap (constant comparative method), yang melibatkan perbandingan data satu dengan yang lain (metode grounded research). Partisipan dalam penelitian terdiri dari siswa-siswa pada salah satu SMA swasta di Kota Magelang berjumlah total 8 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah tugas, mata pelajaran, diri sendiri, teman, kegiatan di luar sekolah, guru, sumber belajar, dan orang tua; 2) cara mencegah prokrastinasi akademik adalah menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan pada diri siswa dan dukungan dari guru untuk memberikan tugas yang sesuai dan menarik.
Copyrights © 2024