MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 4 (2023): Mimbar PGSD Flobamorata

IMPLEMENTATION OF THE THINK TALK WRITE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES THEME 5 ECOSYSTEM CLASS V PRIMARY SCHOOL

Marny Y Nayuf (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran IPA, serta peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Think Talk Write dalam pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakankan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik dengan instrument penelitian dan indikator keberhasilan 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 64% (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu 92% (sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 62% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 98% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 65% dan meningkat pada siklus II yaitu 95%. Angket respon siswa 4,6%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...