Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran IPA, serta peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Think Talk Write dalam pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakankan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik dengan instrument penelitian dan indikator keberhasilan 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 64% (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu 92% (sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 62% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 98% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 65% dan meningkat pada siklus II yaitu 95%. Angket respon siswa 4,6%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang.
Copyrights © 2023