MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 3 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIS Al Anshar Kupang

Halila Ahmad (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nuriyah (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nurlailah (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIS Al Anshar pada mata pelajaran IPA, dari hasil observasi pra siklus guru telah mengunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 72. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA, tema 3 makanan sehat, subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle, pada tahap pratindakan berdasarkan hasil observasi hasil belajar peserta didik, masih dibawah standar KKM 72. Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan 42,6% Pada siklus II nilai rata-rata 83,5%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 72 sebanyak > 80% dari jumlah peserta didik 20 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Mis Al Anshar Kupang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...