MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 3 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Berbantuan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik A Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten

Maria Alfrida Aida Fahik (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Sunimbar (Universitas Nusa Cendana)
Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media pakapindo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik A aku dan kebutuhanku kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten Kota Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik analisis data yang digunakan ada 2 yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten setelah diterapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media pakapindo dengan skor aktivitas guru pada siklus I adalah 56,25% dengan kategori kurang baik dan pada siklus II sebesar 94,37%. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 60,21% dan siklus II sebesar 95,04%. Adapun hasil belajar tes peserta didik siklus I perserta didik yang tuntas adalah 10 orang dengan presentase 45,45% dan peserta didik yang tidak tuntas adalah 12 orang dengan presentase 54,54%mencapai dan meningkat pada siklus II yakni peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 22 siswa dengan presentase 100%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...