Lensa Pendas
Vol 5 No 1 (2020): Februari

Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan

Juju Juhaeriah (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Dadang Cunandar (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar memahami makna lirik lagu siswa kelas V masih relatif rendah, hal ini berdampak pada rendahnya nilai hasil belajar 22 siswa yaitu sebesar 48,55%, dari jumlah seluruhnya belum mencapai KKM dimana KKM Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Sindangbarang sebagaimana telah ditetapkan yaitu 70. Model Moody dapat dijadikan alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar memahami makna lirik lagu dalam jangka waktu yang lebih panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Hasil penelitian nilai pretest yaitu 48,55. Hasil penelitian menunjukan terdapat Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...