Lensa Pendas
Vol 6 No 1 (2021): Februari

ANALISIS KECERDASAN EMOSI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Ajeng Aliya Nurlatifa (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Nanan Abdul Manan (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Analisis Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2021, 59 halaman. Permasalahan awal yang muncul saat ini karena adanya pandemi, pembelajaran siswa SD Negeri 5 Cilimus, di Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan dilakukan secara daring sehingga kondisi kecerdasan emosi siswa menjadi salah satu perhatian penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecerdasan emosi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran di masa pandemi SD Negeri 5 Cilimus. Mengetahui kondisi kecerdasan emosi siswa saat ini dalam pembelajaran khususnya di masa pandemi. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan: 1) metode observasi. 2) metode wawancara. 3) metode angket/kuesioner dan teknik yang digunakan purposive sampling pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Cilimus. Teknik analisis data yang digunakan: a) Reduksi data; b) Penyajian data; dan c) verification.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi siswa sekolah dalam pembelajaran di SD Negeri 5 Cilimus dalam kondisi baik. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kondisi sebelum pandemi, karena sebagian sebagian besar siswa kelas IV di sekolah tersebut sudah bisa mengelola emosinya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...