Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Januari 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NBL) dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV SD

Retno Maharani (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Sigit Edy Purwanto (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ihsana El Khuluqo (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang siswa, yang terdiri dari 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar sebanyak 25 soal yang terdiri dari pernyataan positif dan pernyataan negatif, dan 10 soal tes uraian untuk kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anova Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anova Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,887 > 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada interaksi pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...