Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2024

Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Islam

Lusiana (Universitas Islam 45 Bekasi)
Lutfiyatul Fahrieyah (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Pembelajaran kontekstual dalam pendidikan Islam telah menjadi fokus penting dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan realitas kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan pemahaman dan aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Metodologi penelitian melibatkan implementasi pembelajaran kontekstual di lingkungan pendidikan Islam, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan uji pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikannya dalam situasi kehidupan nyata. Siswa lebih terlibat, berpartisipasi aktif, dan mampu mengaitkan nilai-nilai agama dengan konteks sekitar mereka. Rekomendasi dari penelitian ini melibatkan peningkatan dukungan dan pelatihan bagi guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual. Selain itu, perlunya pengembangan materi ajar yang lebih sesuai dengan realitas siswa dan pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran Islam. Pembelajaran kontekstual tidak hanya memperkaya pemahaman agama, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...