Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 7 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2024

Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Kelas Iv Sekolah Dasar

Hapsah Azzahra (Universitas Islam 45 Bekasi)
Ibnu Muthi (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Keterampilan menulis menjadi permasalahan yang harus diperhatikan untuk jenjang sekolah dasar,karena menulis menjadi keterampilan utama yang harus dimiliki oleh siswa sehingga orang lain yang membaca dapat memahami isi tulisan dengan baik terutama kurangnya kemampuan siswa sekolah dasar dalam menulis karangan deskripsi, sehingga banyak siswa sulit mendeskripsikan suatu hal yang terjadi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel ilmiah, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media kartu bergambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...