Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 7 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2024

Penerapan Nilai Aspek Sejarah Pada Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Sebagai Bentuk Implementasi Mata Pelajaran Ppkn

Zahra Aulia Ahsan (Universitas Islam 45 Bekasi)
Ibnu Muthi (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Aspek sejarah sangatlah penting untuk penerapan nilai karakter anak terutama di sekolah dasar. Pada dasarnya pendidikan adalah kewarganegaraan, kewarganegaraan sangat berkaitan dengan sejarah indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia. Selama ini sejarah lokal kurang diperhatikan oleh masyarakat terutama anak masa kini. Keberadaannya diakui namun tidak terungkap dengan jelas. hal ini di perlukan penerapan nilai-nilai kearifan lokal yang dapat diambil makna pentingnya dari sejarah lokal untuk pendidikan karakter pada anak sebagai implementasi pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan nilai aspek sejarah pada pendidikan karakter anak sekolah dasar sebagai bentuk implementasi mata pelajaran ppkn. Karena tujuan PPKn pada dasarnya anak akan diajarkan bagaimana cara menjadi warga negara yang baik sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam membentuk akhlak generasi muda. Metode yang dilakukan yaitu dengan metode studi literatur. Dimana penulis mengumpulkan data dari junal terpercaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...