Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 8 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2024

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Sekolah Dasar

Alliya Hafie (Universitas Islam 45 Bekasi)
Ibnu Muthi (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda disekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa disekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Dengan menggunakan metode peneliti akan mengidentifikasi, mengkaji, merangkum, mengevaluasi, serta menyimpulkan hasil penelitian terdahulu, terkait dengan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda disekolah dasar. Pencarian artikel sumber dilakukan melalui Google Schoolar, Onesearch.id, dan diperoleh sebanyak 20 jurnal. Peneliti akan melakukan review dari jurnal-jurnal yang telah didapatkan secara sistematis. Data penelitian yang dimasukkan dalam kajian literatur ini ialah analisis dari rangkuman beberapa artikel yang didokumentasikan terkait dengan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud benda. Berdasarkan hasil penelitian pada tabel 1 dan tabel 3 memiliki hasil yang positif dengan adanya model problem based learning sebagai model pembelajaran. Dengan adanya model pembelajaran ini, kegiatan belajar-mengajar akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...