JURNAL FLOBAMORATA MENGABDI
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Flobamorata Mengabdi

Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Maumere

Sunimbar (Unknown)
Aiman, Ummu (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)
Akbari, Ummu Fajariyah (Unknown)
Khasna, Fenny Tanalinal (Unknown)
Arifin (Unknown)
Ahmad, Rizqy Amelia Ramadhaniyah (Unknown)
Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Dalam kompetensi profesional, salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan penulisan karya tulis ilmiah. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah 1) meningkatkan pemahaman guru di sekolah dasar tentang penelitian tindakan kelas,2) Meningkatkan pemahaman guru di sekolah dasar dalam penulisan karya tulis ilmiah. Peserta yang diikutsertakan dalam pelatihan ini sebanyak 17 orang Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Maumere. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah ,diskusi, latihan, dan penugasan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah lebih dari 70 % peserta telah memahami cara mengidentifikasi masalah, merumuskan judul, merumuskan masalah dan pemecahannya, menyusun hipotesis tindakan, mengkaji teori dan merumuskan metode penelitian tindakan kelas, serta menyusun proposal penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jfm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah penerapan ilmu teknologi komunikasi, olahraga, budaya dan seni dalam pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan untuk pembangunan ...