JBES Journal of Biology Education and Science
Vol 2 No 1 (2022): JBES: Journal Of Biology Education And Science, Maret 2022

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) UNTUK Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate

Ermin, Ermin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Pendidikan dipercaya sebagai suatu usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan siswa agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya.Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai kebehasilan dalam perkembangan siswa. Dari pendapat di atas menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, salah satu model yang sangat cocok dengan karakter siswa khususnya siswa kelas VII yaitu model PBL hal ini karena siswa pada tahap ini masih dalam tahap operasional kongrit dimana siswa belum bisa memberikan penalaran yang luas terhadap materi Biologi. Berdasarkan hasil observasi awal melalui pengamatan di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate pada materi biologi siswa cenderung pasif. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate masih rendah yakni masih ada beberapa siswa yang nilainya dibawahnilai KKM (KKM: 70). Kondisi ini menunjukanbahwa proses pembelajaran cenderung berlangsung satu arah.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), guna mengetahui Pembelajaran PBLuntuk Meningkatkan hasil belajarsiswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate.Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran PBLdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate. Rerata klasikal persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I skor rerata klasikalnya sebesar 58,5 hasil belajar ini belum memusakan, pada siklus II rerata klasikal menjadi 75,5.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbes

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology Neuroscience

Description

JBES adalahterbitan berkala ilmiah (ISSN: 2808-019X) yang menyajikan publikasikan artikel-artikel ilmiah yang meliputi tema Pendidikan Biologi dan Sain Biologi. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari, Juli, dan November. Fokus dari jurnal ini adalah untuk menerbitkan ...