Mutu pendidikan di Indonesia belum seperti yang diharapkan. dalam Musfah (2011), selain masih kurangnya sarana dan fasilitas belajar, faktor guru juga sebagai penyebabnya. Pertama, guru belum bekerja dengan sungguh-sungguh,keduakemampuan profesional guru masih kurang terutama karena rendahnya kualifikasi pendidikan guru dan kompetensi guru, serta rendahnya komitmen dan motivasi guru dalam meraih pendidikan yang lebih tinggi dan profesional.Guru dapat digolongkan sebagai sebuah profesi, sebab menjadi guru dituntut memiliki keahlian yang di mana akan di dapatkan melalui pendidikan dan latihan. Profesi guru juga memiliki jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh seseorang yang belum pernah melakuakan pemahaman yang beasar.Guru biologi menghadapi banyak tantangan dalam proses pembelajaran, tantangan tersebut berasal dari perkembangan teknologi digital dibidang informasi dan komunikasi yang memberi dampak pada teknologi pembelajaran dan perubahan karakter peserta didik dalam belajar. Untuk membahas tantangan guru dalam proses pembelajaran biologi tersebut.
Copyrights © 2022