Pada saat ini masih banyak siswa yang menghadapi kendala dalam belajar. yang ditandai dengan rendahnya semangat dan motivasi dalam belajar, minimnya prestasi yang mereka raih, meningkatnya jumlah siswa yang tidak naik kelas dan tidak lulus Ujian Nasional (UN). Setiap siswa dimanapun berada sudah pasti dan mutlak memiliki kesulitan dalam belajar, namun kesulitan belajar tersebut bisa beragam sesuai dengan tingkat kecerdasan, kematangan dan perkembangan siswa. Masalah diatas bisa saja diatasi oleh guru dengan mengikuti berbagai macam langkah dan kiat-kiat tertentu. Untuk menjawab semua persoalan ini, maka dalam tulisan singkat ini akan dijelaskan berbagai macam kesulitan belajar serta Diagnosis kesulitan belajar siswa. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif Analisis. Sedangkan sumber datanya berasal dari sumber data Primer dan Skunder. Dari data menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam langkah yang harus ditempuh untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa dan ada beberapa tekhnik yang perlu dilakukan dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa Kata Kunci : Diagnosis, Kesulitan, Belajar
Copyrights © 2025