Strategi pembinaan kode etik mahasiswa di dua perguruan tinggi umum di Aceh tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan dan dosen pengajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini terkait dengan: penerapan kode etik terhadap mahasiswa; pembinaan kode etik terhadap mahasiswa; dan strategi dosen dalam membina kode etik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kode etik terhadap mahasiswa; pembinaan kode etik terhadap mahasiswa; dan strategi dosen dalam membina kode etik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan cara menganalisa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan kode etik mahasiswa di dua perguruan tinggi umum di Aceh dilakukan pada awal perkuliahan. Di universitas Syiah Kuala pembinaan kode etik mahasiswa diterapkan pada saat Pakarmaru, sedangkan di universitas abulyatama diterapkan pada awal perkuliahan yaitu kuliahumum. Stategi pembinaan kode etik mahasiswa setelah adanya perkuliahan umum, seterusnya yang membentuk strategi pembinaan yaitu dosen pengajar. Strategi pembinaan kode etik mahasiswa di universitas syiah kuala sudah berjalan secara maksimal, sedangkan di universitas abulyatama perlu adanya peningkatan dalam melakukan pembinaan terhadap mahasiswa agar mahasiswa beretika dengan baik.
Copyrights © 2025