Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 5 No 1 (2024): Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Efektivitas Bermain Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun

Asih Wikaningtyas (Unknown)
Nur Kholik Afandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Kemampuan berpikir simbolik anak sangat perlu ditingkatkan karena kemampuan berpikir ini menjadikan anak mudah dalam mengenal lambang-lambang huruf dengan baik, bukan hanya mampu menyebutkan bentuk huruf yang dilihat anak, namun anak juga mampu merepresentasikannya dengan baik. Banyaknya anak usia 5 hingga 6 tahun yang belum mampu mengenal lambang huruf dengan baik, dikarenakan oleh kurangnya pemberian stimulasi yang tepat dalam proses pembelajaran anak usia 5 hingga 6 tahun. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti efektivitas bermain kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5 hingga 6 tahun di TK Al Wahida Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bermain kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5 hingga 6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah anak usia 5 hingga 6 tahun yang ada di TK Al Wahida sebanyak 25 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu huruf sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5 hingga 6 tahun di TK Al Wahida Samarinda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...