Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Larisma
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma

Pemanfaatan Teknik Tie-Dye Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus di Pusat Pemulihan Dalam Komuniti Changlun

Lestari, Ana (Unknown)
Widayanti, Ari (Unknown)
Ninawati, Mimin (Unknown)
Amirullah, Gufron (Unknown)
Handayani, Sri Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Pusat Pemulihan Dalam Komuniti (PPDK) Changlun menghadapi tantangan dalam mengembangkan program kreatif yang dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas diri anak-anak inklusi dengan berbagai kondisi disabilitas. Program pelatihan pembuatan kain motif tie-dye yang diinisiasi dalam kegiatan pengabdian masyarakati ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak inklusi melalui pengembangan keterampilan dan kreativitas yang berpotensi bernilai ekonomi. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah metode pengembangan potensi dengan pendekatan dengan pendekatan partisipasif. Selama pelaksanaan, program ini berhasil meningkatkan keterampilan dan motivasi anak-anak inklusi meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan motorik dan alat. Dukungan aktif tenaga pendidik dan antusiasme peserta menjadi faktor pendukung utama keberhasilan kegiatan. Simpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa program pelatihan tie-dye memberikan dampak positif terhadap keterampilan, kreativitas, dan kesejahteraan anak-anak inklusi di PPDK Changlun, dengan rekomendasi untuk melanjutkan pelatihan dan membentuk kelompok wirausaha kecil untuk keberlanjutan program.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPML

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma disingkat JPML adalah jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pengabdian masyarakat. Pokok ...