KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7 No 02 (2024): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB PONDOK GEDE

Ridwan, Muhammad (Unknown)
Dunggio, Maryam (Unknown)
Sunarno, Sunarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada grab pondok gede. Sampel yang digunakan pada penelitian ini slovin sebanyak 100 responden pelanggan Grab pondok gede. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari yang dilakukan bedasarkan kriteria tertentu. Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji validitas uji reliabilitas uji normalitas uji multikolinearitas uji heterokedastisitas Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) ditunjukkan dengan nilai thitung 4,044 > ttabel 1,998 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada variabel Kepuasan Pelanggan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) ditunjukkan dengan nilai thitung 3,497 > ttabel 1,998 dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,782, Hal ini berarti Nilai koefisien determinasi yang mendekati nilai 1 berarti Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan dengan 78.2% mampu menjelaskan loyalitas pelanggan secara sangat baik, sisanya 21.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Kinerja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a peer reviewed journal that provides a forum for original publications relevant to economics, management and business, for researchers, lecturers, students and alumni both from the Faculty of Economics and Business, As-Syafiiyah Islamic University and from ...