Latar belakang. Down syndrome merupakan kelainan kromosom yang dapat menyebabkan gangguan motorik halus yang ditandai dengan buruknya koordinasi tangan-mata dan gangguan ketegangan otot. Penilaian terhadap 4 orang tua yang memiliki anak down syndrome menyatakan bahwa mereka belum mengetahui aktivitas yang dapat merangsang motorik halus anaknya. Pendidikan dirancang untuk mengubah pengetahuan orang tua menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan orang tua dan penerapan paper quilling untuk merangsang motorik halus anak down syndrome Metode. Penelitian ini berbentuk studi kasus terhadap 2 responden yang dilakukan selama 6 hari berturut-turut selama 30-60 menit setiap pertemuan. Intervensi edukasi terapi pretest dan paper quilling dilakukan dalam waktu 3 hari. Paper quilling diaplikasikan pada orang tua dan anak down syndrome selama 3 hari. Hasil. Hasil posttest pengetahuan orang tua mengenai terapi paper quilling meningkat setelah intervensi dengan rata-rata pretest 57,5 menjadi 85. Hasil observasi motorik halus anak rata-rata pretest 0 meningkat setelah intervensi menjadi rata-rata 50 pada posttest . Kesimpulan. Pemberian intervensi edukasi paper quilling dapat meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai paper quilling. Penerapan intervensi paper quilling dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak down syndrome.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024