Tujuan Utama – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi akuntansi terhadap kualitas pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP dengan intervensi pelatihan penyusunan laporan sebagai variabel intervening. Metode – Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM). Sampel penelitian terdiri dari 100 UMKM di Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar yang dipilih secara acak. Temuan Utama – Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi berpengaruh signifikan terhadap pelatihan. Selain itu, pemahaman akuntansi dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Namun, tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pelaporan keuangan. Implikasi Teori dan Kebijakan – Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peningkatan kompetensi akuntansi bagi pelaku UMKM melalui pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan. Selain itu, hasil penelitian dapat menjadi dasar bagi pemerintah atau lembaga terkait dalam merancang program pelatihan yang lebih efektif. Kebaruan Penelitian – Studi ini menambahkan perspektif mengenai peran pelatihan sebagai variabel intervening dalam hubungan antara kompetensi akuntansi dan kualitas pelaporan keuangan UMKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025