J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 1 (2025): FEBRUARI

PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Septiani, Risma (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Putri, Mega Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

Masalah dari penelitian ini yaitu adakah pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dengan teknik yang digunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 44 Palembang dilihat dari hasil analisis output sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan  Hₐ diterima.  Kata Kunci: media puzzle, puzzle huruf, kemampuan membaca

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...