Masalah dari penelitian ini yaitu adakah pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dengan teknik yang digunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 44 Palembang dilihat dari hasil analisis output sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Kata Kunci: media puzzle, puzzle huruf, kemampuan membaca
Copyrights © 2025