J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 1 (2025): FEBRUARI

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY

Pratiwi, Putri (Unknown)
Ruswana, Angra Meta (Unknown)
Nuraida, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey yaitu: guardian, artisan, rational dan idealist. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A MTs Al-Ishlah Gandrungmangu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian angket The Keirsey Temprament Sorter (KTS), tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek-1 tipe kepribadian guardian mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi verbal dan tidak mampu memenuhi indikator simbolik pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi gambar, simbolik dan verbal pada soal 3. Subjek-2 tipe kepribadian artisan mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi tidak mampu memenuhi indikator representasi gambar pada soal 3. Subjek-3 tipe kepribadian rational mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan tidak mampu memenuhi indikator representasi verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator repressentasi verbal dan tidak mampu memenuhi indikator simbolik pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi gambar, simbolik dan verbal pada soal 3. Subjek-4 tipe kepribadian idealist mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi pada representasi simbolik jawaban kurang tepat pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi tidak mampu memenuhi indikator representasi gambar pada soal 3.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...