Edum Journal
Vol. 7 No. 2 (2024): Edum Journal

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS QR-CODE MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN PESANTUNAN 04

Ramdhani, Nur Fauzan (Unknown)
Kusumah, Rita (Unknown)
Rahmawati, Nur Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik merupakan sebuah bahan ajar dari salah satu perangkat dalam proses pembelajaran yang berfungsi agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru hendaknya dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti membuat sebuah LKPD  berbasis QR-Code menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangakan LKPD berbasis QR-Code menggunakan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran IPAS ini layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi dan responden yang berjumlah 18 siswa kelas IV SDN Pesantunan 04. Data yang dikumpulkan melalui observasi, angket validator ahli dan angkat respon siswa dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian uji kelayakan oleh validator ahli media memperoleh hasil 90% dengan kategori “Sangat Layak”, dan ahli materi memperoleh hasil 93,1% dengan kategori “Sangat Layak”, kemudian respon siswa memperoleh 92,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik Kesimpulan bahwa pengembangan LKPD berbasis QR-Code menggunakan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV dikategorikan Layak untuk digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumjournal

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social. ...