Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunkan desain R&D (research and development). Data dikumpulkan dengan teknik angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang kemudian ditransformasikan ke dalam bentuk kualitatif. Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam kegiatan praktek bahwa siswa sangat aktiv dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar praktek pada materi ajar pembangkit listrik tenaga surya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada pembelajaran menggunakan trainer pembangkit listrik tenaga surya mendapatkan peningkatan sebesar 12,27%. This study was conducted to determine the activity and improving student learning outcomes. In this study, using the design of R & D ( research and development). The data were collected by questionnaire technique. The data analysis using descriptive method then transformed into a qualitative form. The observation of student activity in practice activities that students are very active in the implementation of teaching and learning activities in the practice of teaching materials of solar power plants . Based on the analysis of data obtained in the study that uses solar power plant trainer to get an increase 12.27 % .
Copyrights © 2014