Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD Negeri 067691 Medan Amplas

Amimi, Aisyah (Unknown)
Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui seberapa berpengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067691 Medan Amplas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 067691 Medan Ampals. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas V-A dan Kelas V-B dengan jumlah 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji relibilitas indeks kesukaran, daya beda, uji normalitas, uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SD Negeri 067691 Medan Amplas yang belajar melalui model pembelajaran Advance Organizer lebih baik daripada siswa yang belajar melalui metode konvensional. Siswa yang belajar melalui model pembelajaran Advance Organizer juga lebih baik daripada siswa yang belajar melalui metode konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...