QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam

Muhammad Habibi Rangkuti (Unknown)
Meyniar Albina (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Penilaian dan evaluasi pembelajaran adalah proses penting untuk mengukur keberhasilan belajar siswa, memberikan umpan balik, dan meningkatkan efektivitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penilaian dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada lembaga pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan untuk menganalisis berbagai metode, seperti evaluasi formatif, sumatif, self-assessment, dan peer assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian dan evaluasi tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya, tetapi juga sebagai pedoman bagi guru untuk memilih strategi pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kajian ini menyoroti perlunya evaluasi sebagai suatu proses sistematis untuk mengumpulkan data yang berguna untuk menentukan keberhasilan pendidikan, baik melalui metode kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, beberapa jenis evaluasi seperti diagnostik, formatif, sumatif, evaluasi selfassessment, evaluasi peer-assessment, dan evaluasi berdasarkan data numerik dan deskriptif, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam mendorong kemajuan pembelajaran. Menurut penelitian ini, evaluasi holistik dapat membantu mengembangkan pembelajaran adaptif, meningkatkan kualitas sistem pendidikan, dan mendorong pengembangan keputusan yang lebih efektif pada tingkat tertinggi.Penelitian ini memajukan pengetahuan dengan memberikan gambaran menyeluruh tentang peran dan aplikasi berbagai jenis penilaian dan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...