Perangkat pembelajaran merupakan suatu bagian penting dalam sebuah pelakasanaan pembelajaran sekolah terutama pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui proses dan hasil pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis Etnomatematika Minuman Legen yang (valid, praktis dan efektif) untuk mendukung kemampuan literasi matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model ADDIE. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi awal, lembar validasi produk, lembar kepraktisan produk, lembar obsevasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, respon peserta didik dan tes literasi matematika. Subjek dalam penelitian ini yaitu 39 peserta didik kelas VIII MTs. Al Hidayah Palang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: (1). Minuman legen dalam proses penyadapannya menggunakan bambu bernama bumbung yang mengandung kosep bangun ruang tabung. (2) Perangkat pembelajaran merupakan LKPD yang dikembangkan memenuhui kreteria sangat valid dengan nilai 3,81% memenuhi kriteria praktis yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi, memenuhi kriteria efektif dengan aktivitas guru sebesar 88,5% aktivitas peserta didik sebesar 80,26% , respon peserta didik sangat positif dengan presentase sebesar 86%, serta ketuntasan klasikal tinggi pada seluruh soal tes literasi matematika dengan presentasi sebesar 86% hal ini menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat mendukung kemampuan literasi matematika peserta didik.
Copyrights © 2025