Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 8 (2024): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAMIFIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Millah, Roihatul (Unknown)
Efendi, Yudi (Unknown)
Nuryandani, Einstivina (Unknown)
Fahriansyah, Fahriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam bentuk gamifikasi adalah bentuk perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan. Gamifikasi dapat bermanfaat bagi siswa untuk memahami materi ajar dengan baik. Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk mengatasi masalah mitra akan kurangnya pemahaman dalam merancang aktifitas interaktif dengan memanfaatkan teknologi gamifikasi. Teknologi gamifikasi masih dirasa awam oleh sebagian besar peserta pelatihan. Oleh karena itu pemahaman akan pentingnya pemanfaatan teknologi gamifikasi harus terus diupayakan sehingga mindset akan menjadi lebih positif dan optimal. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukan bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat untuk para guru sehingga guru dapat mengaplikasikan dan merancang kegiatan interaktif dengan teknologi gamifikasi sesuai dengan rencana dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil kuesioner, guru dapat lebih memahami definisi, manfaat, langkah perancangan, dan evaluasi dengan memanfaatkan media gafimikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu tantangan yang dihadapi guru dapat diatasi dengan kerja keras dan motivasi untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...