Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya ketertarikan siswa belajar pada materi aksara jawa dan juga media pembelajaran yang masih menggunakan buku atau LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sekaligus menguji kelayakan produk yang dibuat Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti menciptakan aplikasi mobile sebagai media pembelajaran yang dibuat menggunakan smart apps creator. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) dan untuk mendapatkan hasil produk, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development). Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI.7 SMAN 01 Randudongkal yang menggunakan aplikasi media pembelajaran aksara Jawa. Data dikumpulkan melalui observasi, studi literatur, dan kuesioner. Instrumen penelitian termasuk angket untuk ahli media dan materi, dengan tujuan memvalidasi dan memberikan umpan balik untuk perbaikan aplikasi. Hasil pembuatan aplikasi media pembelajaran aksara jawa menggunakan Smart Apps Creator mendapatkan persentase kelayakan pada uji validasi media mendapat rata-rata 80% “Sangat Layak†dan ahli materi mendapat persentase 85% “Sangat Layakâ€. Pada uji coba terbatas dengan responden siswa mendapat persentase kelayakan 90% “Sangat Layak†dari sini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aksara jawa sangat layak untuk digunakan.
Copyrights © 2024