Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang hanya menggunakan evaluasi pembelajaran sebagai tahapan dalam memperoleh hasil belajar peserta didik dan kurang memperhatikan fungsi evaluasi pembelajaran sebagai langkah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterkaitan antara evaluasi pembelajaran dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan meninjau artikel mengenai evaluasi pembelajaran dan peningkatan mutu pembelajaran yang diterbitkan dalam kurung waktu 2018 hingga 2023. Teknik analisis data menggunakan PRISMA dan memperoleh artikel sebanyak 10 artikel jurnal yang terdiri dari jurnal nasional dan prosiding yang diperoleh dari database Google Scholar. Proses analisis dan meninjau data yang diperoleh menghasilkan penelitian bahwa terdapat keterkaitan yang positif antara evaluasi pembelajaran dengan peningkatan kualitas pembelajaran pada jenjang madrasah ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran memmpunyai keterkaitan yang erat dengan peningkatan kualitas pembelajaran utamanya pada jenjang madrasah ibtidaiyah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan tidak hanya memperhatikan aspek penilaian peserta didik namun juga keseluruhan kegiatan pembelajaran yang akan memberikan peningkatan pada kualitas pembelajaran guru. Dilihat dari poin indikator proses belajar mengajar bergantung pada guru, dukungan peserta didik, dan sumber daya yang tercapai. Learning Evaluation: Benchmarks for the Quality of Learning at Madrasah Ibtidaiyah Abstract: This research was motivated by teachers who only use learning evaluation as a stage in learning outcomes and pay less attention to the function of learning evaluation as a step in improving the quality of learning. As a step in improving the quality of learning. The purpose of this research aims to find out the relationship between learning evaluation and learning quality improvement. With improving the quality of learning. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. Data collection was conducted by documenting and reviewing articles on articles on learning evaluation and learning quality improvement that published from 2018 to 2023. Data analysis technique data analysis technique using PRISMA and obtained 10 journal articles consisting of national journals and proceedings. Articles consisting of national journals and proceedings obtained from the Google Scholar database. The process of analyzing and reviewing the data obtained resulted in research that there is a positive relationship between learning evaluation and learning quality improvement at the madrasah ibtidaiyah level with improving the quality of learning at the madrasah ibtidaiyah level. The results show that learning evaluation learning evaluation has a close relationship with improving the quality of learning, especially at the madrasah ibtidaiyah level. Learning evaluation that is carried out by not only paying attention to the aspects of student assessment but also the overall learning activities that will provide an increase in the quality of on the quality of teacher learning. Judging from the indicator points of the learning process learning process indicator points depend on the teacher, learner support, and the resources that are achieved.
Copyrights © 2024